Kamis, 23 Februari 2012

Bidang Akidah

Bidang Akidah
Dalam bidang akidah, ajaran Aswaja mengikuti rumusan yang dikodifikasi oleh Imam Abu alhasan Al Asy'ari dan Abu Mansur Al Maturidi. Dua tokoh ini benar-benar serius meneliti kesesuaian teologi (akidah) terhadap sumber-sumber pokoknya, yakni Alqur'an, hadis, ijma' dan pendapat-pendapat salaf ash salihin. mengembalkan islam kepada ruhnya, yakni ajaran Rasulullah dan para sahabat.
Prinsip pokok teologi Aswaja sebenarnya terletak pada prioritas terhadap dalil naqli (nash Alqur'an dan hadist) dibandingkan dalil aqli (rasional;akal). sebab, kebenaran dan kekuatan alasan teks wahyu dari Allah SWT, tentu lebih tinggi dibandingkan otak manusia yang memiliki kemampuan intelektual terbatas.
berbeda dengan berbagai sekte yang berani berspekulatif memosisikan akal melebihi Alqur'an dan hadis. lebih gila lagi, ada yang berani menginterpretasi dan menyalahkan teks-teks wahyu jika tidak sesuai dengan otak mereka.
Intisari prinsip-prinsip ajaran Aswaja yang telah dirumuskan secara global terangkum dalam 50 akidah yang mencakup sifat wajib, muhal, sifat ja'iz bagi Allah SWT. dan para Rasul. Itu Termaktub dalam kitab-kitab ulama Klasik. Misalnya: 'Aqidah Al 'Awwam, Kifayah Al 'Awwam, Al Jawahir Al Kalamiyah, dan sebagainya.

2 komentar:

  • Unknown says:
    8 Juli 2012 pukul 11.47

    ass.....
    lanjutkan....!!!!!!!!

  • Seputar Ilmu Fiqih says:
    21 Juli 2012 pukul 20.27

    wa'alaikum salam wr.wb.... oke. insya allh do'anya...! ma'af bisa ditunjukkan web atau blog anda!

Posting Komentar